BULUKUMBA – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Tim II, yang dipimpin Wakil Bupati, Andi Edy Manaf melanjutkan Safari Ramadhan di Desa Batang, Kecamatan Bontotiro, Kamis (07/04/ 2022).

Baca juga: Bulukumba Ramadhan Fest, Andi Utta Apresiasi Event TDA

Wabup, Edy Manaf menyampaikan beberapa program strategis yang akan dikebut tahun ini, sekaligus meminta dukungan masyarakat. Program itu, mulai pembangunan Pasar Sentral, Pasar Tanete hingga Pantai Merpati.

“Doakan kami dalam menjalankan amanah pemerintahan. Sebab, kemajuan daerah ini tak terlepas dari doa masyarakatnya,” katanya.

Menurut mantan Anggota DPRD Provinsi Sulsel dua periode itu, Safari Ramadan sengaja digelar untuk lebih mendekatkan aparatur pemerintahan dengan masyarakat di sepuluh kecamatan yang ada di Bulukumba.

“Kita juga sengaja menghadirkan para kepala dinas, sebagai bentuk semangat kerja. Terpenting, pemerintah harus dekat dan menyatu dengan masyarakat. Memajukan daerah harus ditopang dengan dukungan masyarakat,” ujarnya.

Edy Manaf lebih jauh menyinggung peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba. Keberadaan Baznas katanya, banyak menopang kegiatan-kegiatan keagamaan, sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

“Kita juga telah melahirkan suatu sejarah di Baznas. Pemerintah Daerah mengambil suatu kebijakan untuk mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengeluarkan zakatnya 2,5 persen. Sehingga, bisa mengumpulkan Rp600 jutaan zakat dari ASN per bulan,” tuturnya.

Kemudian, Ia menyebutkan ketulusan cita-cita Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf dalam memimpin Bulukumba.

“Cita-cita Pak Bupati tulus untuk memajukan Bulukumba. Setiap pemimpin ingin melakukan perubahan ke arah lebih baik,” tambahnya.

Ia menambahkan, bahwa kepala desa menjadi ujung tombak untuk ikut menyejahterakan masyarakatnya. Olehnya, diperlukan sinergitas di setiap level pemerintahan dengan stakeholder lainnya.

“Pemerintah benar-benar harus berjibaku bekerjasama untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.